Diskusi Buku: Kisah Dua Buku Tentang Surakarta

Bagi seorang mahasiswa, buku digunakan untuk menunjang aktivitas akademik. Buku diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang dapat mendukung keberhasilan seorang mahasiswa dalam pembelajaran. Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah, FISHIPOL, UNY setiap tahunnya mengadakan diskusi buku guna membahas buku-buku yang dapat digunakan sebagai media belajar mahasiswa Ilmu Sejarah.

Pada kesempatan kali ini, Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah bekerjasama dengan Penerbit Selaklali dan Penerbit Dramaturgi mengadakan diskusi buku yang membahas mengenai dua buku berjudul “Modernisasi Kota Surakarta Awal Abad XX” yang merupakan karya dari Bapak Miftahuddin seorang Sejarawan dari UNY dan buku berjudul “Kanonisasi Budaya Masyarakat Indis Surakarta di Tengah Arus Pergolakan Budaya” karya Bapak Susanto seorang Sejarawan dari UNS. Acara ini diadakan pada hari Selasa, 5 September 2023 bertempat di Aula ISDB FISHIPOL UNY lantai 4 dan diberi nama “Diskusi Buku: Kisah Dua Buku Tentang Surakarta”. Dalam acara ini, Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah menghadirkan 4 pembicara yakni, Bapak Susanto (Sejarawan UNS), Bapak Miftahuddin (Sejarawan UNY), Ibu Ririn Darini (Sejarawan UNY) dan Ibu Eka Ningtyas (Sejarawan UNY). Selain itu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah turut serta menghadirkan Bapak Yunanto dari Diskusi Soedjatmoko sebagai Moderator.

Dalam acara ini, mahasiswa Ilmu Sejarah dan masyarakat umum diberikan kesempatan untuk menambah wawasan mereka mengenai kota Surakarta. Mahasiswa dan masyarakat umum juga diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai kota Surakarta kepada keempat pembicara yang telah dihadirkan. Harapannya melalui acara ini, para mahasiswa Ilmu Sejarah dan masyarakat umum dapat menambah wawasan mereka mengenai kota Surkarta terutama pada masa Kolonialisme. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan para peserta yang antusias menyampaikan pertanyaan mereka pada diskusi tanya jawab. (Sava Aisah Putri)