Festival Historiografi 2023

Festival Historiografi: Lomba Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan mulai dari bulan Juni hingga bulan September 2023. Kegiatan Lomba Karya Tulis kali ini mengusung tema Politik Kebudayaan dengan judul "Mengulas Balik: Sejarah dalam Ruang Politik Kebudayaan". Dilaksanakannya Lomba Karya Tulis Ilmiah ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa mengengambangkan pengetahuan mengenai penulisan sejarah politik kebudayaan di Indonesia. Lomba Karya Tulis Ilmiah ini terdapat beberapa tahap yaitu, pendaftaran, pengumpulan abstrak, pengumpulan full paper, dan pemaparan full paper pada Seminar Penelitian.

Seminar Penelitian merupakan rangkaian terakhir dari Festival Historiografi 2023. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 18 September 2023 melalui Zoom Meeting. Seminar Penelitian kali ini menghadirkan beberapa juri, yaitu Kuncoro Hadi S. S., M. A., Bapak FX. Domini BB Hera, Eka Ningtyas, S. S., M. A., dan Ilmiawati Safitri, M. A. Adapun rangkaian dari acara Seminar Penelitian ini, yaitu pembukaan oleh MC, lalu terdapat beberapa sambutan mulai dari Nibras Ghonimuzahi selaku ketua panitia, Daffa Farras Ardyansyah selaku ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah, dan sambutan yang terakhir, yaitu dari Dr. Ririn Darini M. Hum. selaku koordinator Program Studi Ilmu Sejarah. Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi pemaparan materi dari 8 peserta dengan disertai sesi tanya jawab oleh para juri. Setelah presentasi dan tanya jawab selesai, ditutup dengan dokumentasi. Adapun pengumuman kejuaraan telah diumumkan pada tanggal 20 September 2023 dan dapat dilihat di Instagram HMIS UNY.

Seminar penelitian menutup rangkaian Festival Historiografi tahun ini dengan harapan para peserta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan membangkitkan minat untuk meneliti, serta memiliki pandangan baru mengenai tema-tema sejarah yang jarang dibahas serta peserta juga dapat memperoleh wawasan baru mengenai Sejarah Politik Kebudayaan dan peserta memperoleh pengalaman baru dari Seminar Penelitian ini. (Eva Una Saputri)