Mini Pameran Poster Sejarah Militer 2023

Dheassy Noormalitasari, 19/10/2023

Pada tanggal 19 Oktober 2023, mahasiswa/i Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas IlmuSosial, Hukum, dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan mini pameran poster bertempat di Common Room FISHIPOL UNY (belakang dekanat FISHIPOL UNY). Mini pameran kali ini mengangkat tema “Peran Militer dalam Sejarah Indonesia” dan dilaksanakan pada pukul 09:00 s/d 16:30 WIB. Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan hasil Ujian Tengah Semester mata kuliah Sejarah Militer. Selaku dosen pengampu mata kuliah, Ilmiawati Safitri merasa perlu untuk membekali para mahasiswa/i agar siap dalam mengikuti kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah diterapkan di kampus saat ini.

Mini Pameran yang berlangsung selama satu hari ini dibuka secara langsung oleh Ilmiawati Safitri. Para dosen memberikan apresiasi yang sangat besar atas kerja keras para mahasiswa/i, sehingga dapat melaksanakan mini pameran poster yang luar biasa ini. Para mahasiswa/i diluar mata kuliah Sejarah Militer pun banyak yang berdatangan untuk mengunjungi mini pameran poster ini. Di siang harinya, Dr. Supardi, M. Pd selaku dekan turut serta menghadiri mini pameran bersamaan dengan dosen-dosen Ilmu Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta. Selama pelaksanaan mini pameran, masing-masing pengunjung diberikan secarik kertas untuk menuliskan nama dari pembuat poster terfavorit dan memberikan kritik/masukan bagi pembuat poster yang bersangkutan. Selanjutnya, kertas-kertas pendapat dari para pengunjung dimasukkan kedalam sebuah kotak kecil yang telah digantung di samping pintu masuk area mini pameran.

Pada sore hari sebagai penghujung acara, para mahasiswa/i melakukan penutupan mini pameran poster. Daffa Farras Ardyansyah selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Sejarah UNY mengungkapkan rasa syukur yang tak terhingga atas keberhasilan berlangsungnya mini pameran poster ini. Sekaligus memberikan masukan agar serangkaian kegiatan mini pameran kedepannya dapat diselenggarakan di tempat yang lebih luas sehingga para pengunjung dan para dosen dapat melihat karya-karya yang ditampilkan dengan lebih nyaman. Penyelenggaraan mini pameran poster merupakan cara yang tepat untuk mempromosikan serta mensosialisasikan peran militer dalam berbagai peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di Indonesia kepada masyarakat. (Herdiona Hellen Herdadian)