Kuliah Tamu "Sejarah Wanita dan Sejarah Indonesia Masa Kolonial" Bersama Dr. Kirsten Maria Johanna Kamphuis

Prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta telah menyelenggarakan Guest Lecturer bertema Sejarah Wanita dan Sejarah Indonesia Masa Kolonial sekaligus penutupan perkuliahan semester genap 2021/2022 pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 berjudul Beyond "Pahlawan Perempuan" Indonesian Colonial History From A Gender Perspective bersama Dr. Kirsten Maria Johanna Kamphuis dari Universitas Munster, Jerman. Sebagai moderator acara tersebut yaitu Muhammad Yuanda Zara, Ph.D selaku dosen pengampu mata kuliah sejarah Indonesia Masa kolonial.

Acara tersebut diawali pembukaan oleh Ita Mutiara Dewi, M. Si. selaku pengampu mata kuliah Sejarah Wanita. Kemudian dilanjutkan materi oleh Dr. Kirsten Kamphuis. Materi tersebut membahas tentang RA Kartini sebagai ikon emansipasi dan pendidikan perempuan di Indonesia, definisi pahlawan nasional dan 15 dari 190 pahlawan nasional adalah perempuan. Materi kemudian membahas tentang RR Moerjan sebagai salah satu perempuan yang memiliki kontribusi bagi perkembangan pendidikan Indonesia namun namanya kurang terlalu populer karena memang tidak masuk kategori pahlawan nasional di Indonesia.

Materi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa diantaranya yaitu muncul tanggapan dari Luluk Fuadah salah satu peserta yang menyatakan bahwa dirinya baru mendengar nama RR Moerjan. Tanggapan dari HY. Agus Murdyastomo, M. Hum tentang perlunya menggali berbagai sumber primer untuk mengetahui tokoh-tokoh maupun organisasi perempuan dan peranannya di Indonesia.

Menurut Dr. Kirsten Kamphuis, cukup banyak perempuan yang berperan dalam perbagai bidang di masa kolonial yang kurang populer dan tidak masuk kategori pahlawan nasional, penggalian sumber primer dapat dilakukan melalui data di Arsip Nasional Republik Indonesia maupun arsip daerah dan lokal. Acara tersebut berjalan lancar dalam waktu 2 jam, pukul 14.00 sampai 16.00 WIB dengan peserta yang cukup banyak yaitu sejumlah 107 orang