Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) prodi Ilmu Sejarah “DIGITALISASI AKTIVITAS SEKOLAH (DAS): PELATIHAN ARSIP VIRTUAL DAN PEMBUATAN WEBSITE SEKOLAH DI SD ISLAMIYAH PAKUALAMAN”

Pada bulan Juni hingga Oktober 2024, kelompok PkM program studi Ilmu Sejarah yang diketuai oleh Dr. Ririn Darini, dengan anggota Danar Widiyanta, M.Hum., Kuncoro Hadi, M.A., serta Septian Teguh Wijiyanto, M.Pd telah selesai melaksanakan kegiatan pendampingan 3 program di SD Islamiyah Pakualaman. Tiga program itu adalah pendampingan digitalisasi arsip sekolah, pendampingan pembuatan video profil sekolah dalam format 360 serta pendampingan pembuatan/pengelolaan website sekolah. Tiga program ini sangat penting bagi SD Islamiyah. SD Islamiyah, yang merupakan bagiaan dari lingkup budaya pendidikan Pakualaman telah memiliki sejaah panjang pengajaran bagi anak-anak dari keluarga menengah ke bawah di sekitar Puro Pakualaman. Sekolah ini berdiri secara resmi sejak tahun 1959 dan bahkan memliki riwayat pengajaran sejak era kolonial (1915). Sekolah swasta kecil ini hingga saat belum memiliki arsip digital, video profil sekolah yang memberi gambaran aktivitas sekolah serta belum adanya website resmi sekolah secara aktif saat ini. Pengarsipan digital, visualisasi kegiatan sekolah dalam video imersif (VR 360) serta kanalisasi dalam wujud website menjadi penting untuk memperkuat profil sekolah ini.

Ketiga program tersebut telah dijalankan dengan baik oleh tim PkM prodi Ilmu Sejarah dibawah koordinasi Dr. Ririn Darini. Ketiga program ini menjadi kegiatan kolaboratif yang melibatkan mitra sasaran (guru-guru SD Islamiyah) serta mahasiswa prodi Ilmu Sejarah yang menjadi bagian dari pengurus Laboratorium Ilmu Sejarah FISHIPOL UNY. Pada tahun 2024 ini, Lab Sejarah sedang mengembangkan kerja-kerja digitalisasi arsip, baik personal maupun kelembagaan. Maka kegiatan digitalisasi arsip sekolah di SD Islamiyah bisa berjalan efektif karena melibatkan Lab Ilmu Sejarah. Lab Ilmu Sejarah memberikan pengetahuan tentang pentingnya kerja-kerja digitalisasi, kurasi atas sumber yang akan dialihmediakan serta proses penyimpanan kepada para guru. Arsip SD Islamiyah paling awal yang terdigitalisasi adalah buku Induk yang memuat daftar nama peserta didik dari tahun 1915 hingga 1959. Buku ini rawan hancur dan harus segera didigitalisasikan. File diberikan kepada pihak sekolah dalam wujud flipbook dan sebagai backup, file flipbook buku induk ini juga disimpan di kembarasastra.com, satu ruang konservasi, inventaris, dan digitalisasi arsip yang terafiliasi dengan lab sejarah UNY.

Sementara pendampingan dan realisasi pembuatan video profil SD Islamiyah telah bisa digunakan untuk kepentingan akreditasi sekolah. Guru-guru diberi pengetahuan dan praktik pembuatan video 360. Sementara pembuatan, pengembangan dan pengelolaan website SD Islamiyah menjadi awal untuk membangun dan memperkuat branding serta citra sekolah. Desain website yang menarik dan profesional dapat memberikan kesan positif kepada masyarakat dan calon siswa, dan mencerminkan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh sekolah. Pelatihan pengelolaan yang dilakukan oleh tim PkM menjadi penting agar selepas pengabdian berakhir, website sekolah bisa berjalan berkelanjutan.

Yang terpenting secara internal, disamping persoalan-persoalan mitra terkait dengan digitalisasi aktivitas sekolah di atas—digitalisasi arsip, video imersif serta website—tujuan pengabdian masyarakat ini juga terkait dengan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) PTN, terutama IKU 2 dan 3 (Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 210/M/2023), dimana mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus serta kegiatan ini menjadi bagian tridharma dosen dalam bentuk Dosen Berkegiatan di Luar Kampus. [khd]